Friday, July 6, 2007

Ketika Rambutku Tak Lagi Gondrong

Tertawa...berhenti sejenak, lalu meluncur pertanyaan,"Elu kenapa Sof? Stres ya?". Reaksi seperti itulah yang kudapat dari teman-temanku melihat potongan rambut baruku. Dimulai dari teman kos, teman liputan, teman kantor. Semuanya kaget. Seperti tumbuh tanduk saja dikepalaku. Hehehe...

16 Juni 2007
TKP : Suatu salon di Mal Ciputra

Ya, disitulah aku memotong rambutku.

Ketika aku sampai di Depok, saat aku membuka helm, beberapa teman langsung tertawa terbahak-bahak. Mungkin ini adalah potongan rambutku yang terpendek sejak beberapa tahun terakhir.

"Elu cupu banget. Ga kayak wartawan," kata seorang kawan.

Ada juga yang menduga aku sedang patah hati. Ada pula yang mengira aku akan berganti profesi. "Elu keluar dari Tempo?" tanyanya. Ada lagi yang suka sekali mengusap rambutku, seperti ada yang aneh saja.

Namun, ada satu komentar yang paling mendalam. "Elu motong rambut seperti Guevara menjadi kapitalis," kata seorang kawan dengan ekspresi datar. Maksudnya?? "Menurut gue, kegondrongan rambut lu menunjukkan idealisme lu," lanjutnya ga jelas.

Saat memasuki ruang rapat Metro Senin malam kemarin, Redpel Metro bertanya,"Pertanyaan pertama : Sof, kenapa lu potong rambut?"

Ada teman yang menjawab gara-gara depresi dikantor. "Ga ada jadwal sebulan, jadi kayak gitu," ujarnya.

Tapi, nampaknya hanya satu teman yang mengerti. Saat itu, gue datang ke pernikahan teman. "Gue kaget saat lihat lu datang dengan potongan rambut baru," katanya. "Tapi, saat gue lihat seseorang dibelakang lu, gue ngerti."

Ia tak salah, tapi juga ga sepenuhnya benar. Cerita sebenarnya cukup menggelikan.

Dulu, gue pernah memanjangkan rambut sepinggang. Waktu itu gue berjanji ga akan memotong rambut sebelum lulus kuliah. Apa hendak dikata, gue ga lulus-lulus. Jadi semakin panjang rambut gue, sampai akhirnya gue menyerah dan memotong tuh rambut.

Sekitar setahun yang lalu, gue mendapat panggilan Mr.Bob gara-gara potongan rambut. Sekarang, ada yang bilang mirip tokoh dalam kartun Jepang. Ada yang bilang mirip Lupus. Sudahlah...ini cuma masalah rambut yang bisa panjang lagi.

No comments: